Sabtu, 25 April 2020

Ngabuburit Di Rumah Saja, Mengapa Tidak? Coba Kegiatan Ini Yuk....


Wabah dari sang virus benar-benar membuat semua elemen kehidupan kita menjadi berubah. Pun demikian halnya saat masa puasa seperti saat ini. Biasanya orang akan banyak yang lalu lalang di jalan saat menunggu waktu berbuka.
Ngabuburit atau istilah menunggu waktu berbuka yang ada di Tanah Sunda merupakan saat yang dinanti terutama oleh anak-anak. Namun, karena situasi yang tidak mengenakkan belakangan ini, maka tak ada lagi ngabuburit untuk puasa kali ini. Lalu apa yang bisa kita lakukan di rumah untuk menunggu waktu berbuka?
Banyak hal baik tentunya yang bisa kita lakukan di rumah. Misalnya ikut membantu ibu menyiapkan menu sajian berbuka. Mungkin kegiatan ini sudah lama kita tinggalkan. Mengingat pada hari biasa saat puasa, kita banyak disibukkan dengan kegiatan buka puasa bersama dimana-mana.
Kedua, tadarus atau membaca Al-quran. Kegiatan positif ini tentu dapat meningkatkan nilai ibadah kita selama masa stay at home ini. Tidak saja menambah nilai-nilai baik selama puasa, tentunya tadarus dapat semakin menentramkan hati siapa saja yang membacanya.
Ketiga, mengisi kegiatan kultum dalam keluarga. Hal ini bisa menjadi ajang latihan baik bagi sang ayah ataupun anak-anak untuk belajar berbicara di hadapan orang lain. Dengan latiihan kultum di rumah selama Ramdhan, siapa tahu nanti saat masuk sekolah si kecil sudah terampil dan lancar untuk berbicara di depan umum. Menarik untuk di coba kan?
Keempat, membuat kue-kue lebaran. Bukan saja untuk persiapan isi toples di rumah. Tapi juga dapat dimanfaatkan untuk sekalian belajar berwirausaha. Tidak ada salahnya kan. Kalau memang produk yang kita hasilkan memang layak jual...mengapa tidak.
Hal-hal diatas adalah beberapa jenis kegiatan yang dapat kita lakukan untuk ngabuburit selama masa stay at home ini. Tidak saja aman dan nyaman, yang jelas juga punya manfaat baik lainnya. Dari mengasah keterampilan, meningkatkan keimanan, mengasah kemandirian, bahkan sampai mengasah tumbuhnya jiwa wirausaha.
Tak perlu ragu dan malu. Bukankah saat puasa adalah saat kita untuk berbenah diri. Berbenah secara lahir maupun bathin. Ngabuburit tidak selalu juga identik dengan turun ke jalan kan? Yuk...kita coba mulai sore ini.

Tantangan #Day3 #RWCODOP2020
#RWCODOP2020
#OneDayOnePost
#RWCDay3
#Ramadhan2020


6 komentar:

Belajar Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

#KMP3 Ramadhan baru saja usai. Seiring gema takbir yang berkumandang. Nuansa bahagia menyambut hari yang fitri. Berbagai penganan pun dihi...