Jumat, 24 April 2020

Isengnya Masa Kecil Kami Saat Itu...


Saat buka puasa adalah saat yang selalu dinantikan oleh semua yang tengah menjalani ibadah puasa. Pun demikian halnya dengan anak-anak. Bahkan terkadang sudah sejak siang mengumpulkan apa saja yang ingin dimakan saat buka puasa nanti.
Demikian pula yang dulu saya lakukan saat masih kecil. Dengan adik dan saudara-saudara yang lain kami kumpulkan makanan dan minuman. Tiba saatnya berbuka, ah ternyata perut kecil kami tak mampu menampung semua itu. Ternyata hanya benar-benar lapar mata.
Usai buka puasa dan dilanjutkan dengan sholat maghrib, kami pun bersiap tuk pergi ke masjid raya dekat rumah kami. Ada keseruan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami karena bisa berjumpa dengan kawan-kawan yang lain di masjid nanti.
Masjid kami saat itu keadaannya masih sangat sederhana. Bangunan permanen tembok hanya ada di bagian depan saja. Sementara untuk jamaah perempuan ada di belakang. Bangunannya masih sederhana. Berbentuk rumah pangung dari kayu.
Keisengan saya dan banyak kawan-kawan lainnya sering terjadi saat tarawih tiba. Diawal-awal sembahyang kami masih tertib. Masih ada rasa takut dengan guru ngaji dan imam masjid yang selalu memantau kami anak-anak kecil. 
Namun saat pertengahan tarawih tiba, kami mulai iseng. Termasuk saya tentunya. Kami akan turun ke bawah panggung. Dan sejurus kemudian menjahili yang tengah melaksanakan tarawih diatas kami. Dengan menggunakan rumput kami sering iseng. Biasanya yang menjadi target kami adalah teman-teman sepermainan sendiri. Tapi seringnya kami apes, bukan teman-teman yang kena, tapi justru Acil guru ngaji kami sendiri. Kebayang kan, apa yang kemudian terjadi pada kami...

Tantangan #Day2 #RWCODOP2020
#RWCODOP2020
#OneDayOnePost
#RWCDay2
#Ramadhan2020

7 komentar:

Belajar Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

#KMP3 Ramadhan baru saja usai. Seiring gema takbir yang berkumandang. Nuansa bahagia menyambut hari yang fitri. Berbagai penganan pun dihi...